Ekowisata, apakah itu?

Salah seorang temanku mengirimkan sebuah email  yang berisi mengenai tentang ekowisata. Istilah ini mungkin bukan hal baru, cuman entah kenapa akhir akhir ini menjadi semakin muncul dalam upaya ataupun solusi dari permasalahan lingkungan yang akhir akhir ini sering terjadi.

Kebetulan banget, si teman ku ini kuliah di IPB ngambil jurusan Ekowisata (klo bahasa kerennya ecotourisme). Berikut adalah penggalan surat yang dikirimnya mengenai ekowisata.

Ok…
Dear Agung Kasep…
Ini tulisan ada yg saya kopi dari catetan dan mengarang dengan indah…heheh…
Sok atu cek idot..
Menurut The Ecotourism Society (1990) sebagai berikut:
Ekowisata adalah suatu bentuk perjalanan wisata ke area alami yang dilakukan dengan tujuan mengkonservasi lingkungan dan melestarikan kehidupan dan kesejahteraan penduduk setempat. Semula ekowisata dilakukan oleh wisatawan pecinta alam yang menginginkan di daerah tujuan wisata tetap utuh dan lestari, di samping budaya dan kesejahteraan masyarakatnya tetap terjaga.
Ekowisata adalah bentuk baru dari perjalanan bertanggungjawab ke area alami dan berpetualang yang dapat menciptakan industri pariwisata (Eplerwood, 1999).
Masih banyak pengertiannya… aya di catetan anu kabawa tea…
Yah begitulah pengertiannya…anda bisa merangkum lah dari semua.
3 Pilar Ekowisata yaitu
  • Ekologi, Menurut yang saya udah pelajari gung, kenapa ekologi? Karena ekowisata yaitu kan perjalanan wisata yang berbasiskan alam..nah prinsip konservasi disini ituh diterapkan. Contoh sekarang, pengembangan ekowisata banyak dikembangkan di Taman Nasional-Taman Nasional di Indonesia.
  • Ekonomi, Untuk ekonomi adanya kesejahteraan untuk masyarakat dari kegiatan ekowisata ini, khususnya masyarakat yang ada di sekitar destinasi.
  • Sosial buday, Tetap mempertahankan budaya yang ada di masyarakat, malah itu bisa menjadi daya tarik lain selain keadaan alam yang bagus, yah istilahnya wisata budaya…hehehe..

    5 prinsip Ekowisata
    • Natural Based, Berbasiskan alam, karena ekowisata yaitu serangkaian perjalanan wisata alam dan memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia dan mengelolanya secara lestari.
    • Ecological Suistanable, Adanya kelanjutan dari pengelolaan tersebut, yah istilah konservasinya pemnfaatan secara lestari. Di ambil tapi melestarikan juga kitu..ny apaal meureun anak biologi mah..
    • Environment educative, Adanya pendidikan lingkungan dalam rangkaain kegiatan ekowisata ini, kabayang? Contoh na dalam perjalanan ka gunung gede ato kamana, aya penjelasan tentang pohon dan satwa…dll..
    • Local community based, Yaitu mensejahterakan masyarakat sekitar..adanya program CBT( community based on tourism).. partisipasi masyarakat dalam ekowisata memerankan peran penting. Masyarakat di ajak untuk mengelola dalam kegiatan ekowisata ini. Contoh, ada yg jadi guide, pedagang cinderamata, penyedia akomodasi di destinasi. Dll..
    • Ecotourist based, Setelah melakukan perjalanan ekowisata, yaitu adanya kepuasan pengunjung atau ekowisatawan yang puas melakukan perjalanan ini.

    Yah, segitu weh lah gung..heheeheh kalo butuh apa2.. sok ajah sms weh…
    Ne aku gad a referensi dari buku apa2.. Cuma dari ingatan seorang listi sajah..hehheh..punten yah..

    Sekian email dari teman ku yang manis lucu dan bulet. Hatur nuhun nya, tulisan kamu kayaknya bakal kepake nih sama si aku.

    3 comments

    1. listy · Agustus 23, 2009

      aih…. blognya bagus….

      • agungsmile · Agustus 29, 2009

        eh ada listy manis lucu dan bulet… hhihihihihi…
        ente nggak ikutan berbuka bareng anak-anak KKS disini? meni sombong lah geus jadi mahasiswi bogor mah!

    2. Mpuut*12 (@PutriN249) · Januari 9, 2014

      kuliah ekowisata susah gak si ?

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s