Survival Ala Musafir

Sayit, seorang musafir asal pulau Sumatra. Meninggalkan semua masa lalunya yang kelam.

Ia menemukan ketenangan dalam hidupnya ketika ia berdiam di tempat-tempat sunyi seperti pemakaman dan hutan. Sudah 4 tahun ia tinggal seorang diri di Leuweung Sancang. Tidur dimanapun ia suka, hidup selaras dengan alam yang menurutnya adalah sebuah kedamaian.

Dia tidak pernah merasa kekurangan. Hutan telah memenuhi kebutuhannya sehari hari. Waktu yang lama telah menempanya untuk mengenal jenis-jenis tumbuhan yang ada di sancang yang dapat ia konsumsi. Pernah ia keracunan salah satu tumbuhan hingga terbujur kaku selama beberapa hari. Dan itu tak pernah membuatnya jera, justru menjadikan tubuhnya semakin kuat untuk menerima asupan makanan yang tak lazim.  Tak jarang pula ia mendapatkan makanan mewah berupa sisa-sisa makanan sesajen yang dibawa oleh para peziarah.

Menurutnya, ada 9 jenis pohon yang bisa dimakan baik buah maupun daunnya. Lebih sedikit dibandingkan dengan hutan lainnya yang pernah ia singgahi, katanya. Sayangnya ia tidak mengetahui nama pohon tersebut. Dan terkadang, bila ia menemukan jamur, ia menyebutnya dengan sebutan daging.

Hampir seluruh kawasan Leuweung Sancang sudah ia jelajahi. Berpindah-pindah dari satu tempat keramat ke tempat keramat lainnya. Tanpa rasa takut, pada malam hari ia seringkali berjalan-jalan. Kalau aku jadi dirinya, mungkin setiap kali berjalan-jalan bulu kuduk ini akan selalu dan terus berdiri.

Ia mengatakan bahwa Sancang adalah tempat petualangan terakhirnya di Pulau Jawa. Tahun depan ia berencana untuk pergi ke Kalimantan, tempat yang sama sekali belum pernah ia singgahi dan mungkin tempat terakhir pula yang menutup petualangannya selama ini. Karena dalam hati kecilnya, akan ada satu masa dimana ia harus berhenti bertualang dan kembali kepada kehidupan sosial.

Semoga kedamaian selalu ada bersamamu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s