ke bonbin Yuk..

foto from flickr

Berakhir pekan bersama keluarga enaknya mengisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Bila anda mempunyai putra-putri yang masih kecil, tidak ada salahnya mengajak mereka berkunjung ke kebun binatang. Sekedar melihat binatang-binatang atau menghabiskan akhir pekan.

Bagi anak-anak, berkunjung ke kebun binatang adalah sesuatu yang menarik. Melihat tingkah polah satwa, atau sekedar melihat jenis-jenis satwa memberikan suatu pengalaman yang baru. Kebun binatang didirikan bukan hanya sebagai tempat rekreasi semata. Ada nilai-nilai pendidikan konservasi yang bisa disampaikan yaitu tentang keanekaragaman hayati yang negara kita miliki.

Sudah seharusnya kita mengenalkan apa yang dimiliki oleh bangsa ini kepada anak-cucu kita sedari kecil. Mengenalkan betapa kayanya negeri tercinta kita dari ujung Sabang hingga Merauke. Dan betapa banyaknya satwa-satwa yang kita miliki untuk dijaga dan dilindungi.

Tapi tidak cukup hanya dengan melihat. Mereka juga perlu ditanamkan arti pentingnya keberadaan satwa-satwa (dan tumbuhan) bagi kehidupan manusia khususnya di habitat alami. Kebun binatang bisa mengajarkan bagaimana kita harus memperlakukan satwa yang sebaik-baiknya. Bukan tidak mungkin bila pada akhirnya muncul rasa kepedulian dalam diri anak-anak untuk lebih mencintai puspa satwa.

Berikan pula contoh yang baik yaitu etika berkunjung ke kebun binatang. Seperti tidak memberikan makanan kepada satwa, membuang sampah pada tempatnya dan merusak fasilitas yang ada.

Semoga akhir pekan di Kebun Binatang semakin bermanfaat.

Satu lagi nih ada video bagus.

Children see, children do

A027

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s