Pepohonan pinggir jalan Kota Bandung

Jalan-jalan di Kota Bandung, hmm seru nih. Tapi klo jalan-jalan sambil panas-panasan, No way. Hari gini panas-panasan bisa kena kanker kulit. Nah, enaknya sih jalan ke tempat teduh, yang banyak pohonnya. Tapi tahu nggak, pohon apa saja sih yang biasanya ditanam di sekitar jalanan kota Bandung.

Angsana. (Pterocarpus indicus), Pohon ini paling banyak ditanam dan mudah ditemui, hampir 60% jalan kota Bandung ditanami oleh pohon ini. Pohon yang ditanam sekitar tahun 1990 ini kondisinya sudah cukup mengkhawatirkan. Beberapa diantaranya sudah rapuh dan meranggas karena terserang penyakit sehingga harus ditebang.

biji

daun

Mahoni (Swietenia macrophylla), Pohon ini yang paling banyak ditanam setelah angsana. Beberapa diantaranya baru ditanam untuk menggantikan pohon angsana yang sudah ditebang. Perawakannya yang kokoh serta permukaan daun yang menonjol seperti otot perut mengesankan bahwa pohon ini sangat gagah.

biji

daun

Damar (Agathis damara), Batang tegak lurus dan daun yang memiliki wangi khas beraroma asam segar, getah batang berwarna bening. Banyak ditemui di sekitar jalan Dago (Simpang- BIP) dengan tinggi sekitar 10 m dan di sekitar jalan Dr. Radjiman memiliki ukuran dan tinggi yang lebih besar.

Ki Acret (Spathodea campanulata), pohon tinggi sekitar 10 meter lebih ini sudah tampak jarang dilihat. Bunganya berwarna oranye, bunga yang belum mekar seperti kantung berisi air ( makanya disebuat Ki Acret, cret), daun berbulu.

pohon Kiacret dan bunga

pohon Kiacret dan bunga

Biola Cantik (Ficus lyrata), Ukuran daun lebar seperti biola. Bunga/ buah bulat sebesar bola bekel. Tinggi pohon sekitar 5-10 meter. Banyak ditemukan di sekitar jalan Soekarno-Hatta (Samsat-Cibiru).

bunga/buah

daun

Bungur (Lagerstromia speciosa), Ciri khasnya adalah bunga yang berwarna ungu dengan kelopak bunga berjumlah 6 tersusun seperti lambang salju. Terlihat indah pada saat bunga bermekaran dan daun-daun meranggas.

pohon bungur

bunga

Kembang Kertas (Bougenville spectabilis)

Bougenville/ Kembang Kertas (Bougenville spectabilis), Pohon dengan tinggi sekitar 5-10 meter. Selalu tampak dipenuhi oleh bunga dengan warna-warna yang cerah seperti merah, ungu, kuning, putih dan oranye.

Beringin (Ficus benjamina ), Pohon yang indentik dengan kata angker karena daun-daunnya sangat rimbun sekali. Merupakan pohon peninggalan jaman baheula. Pohon ini sangat disukai oleh satwa liar, khususnya burung. Kiara atau loa adalah nama lainnya. Nama-nama tempat yang menggunakan nama tersebut (Sekeloa, Kiaracondong) ada kemungkinan dulunya terdapat pohon Beringin.

Dadap Merah (Erythrina cristagalli)

Dadap Merah (Erythrina cristagalli), Memiliki bunga berwarna merah cerah, bentuk mahkota seperti sepatu koboi. Batang putih, daun majemuk bertangkai tiga. Tinggi sekitar 5 meter. Banyak ditemui di jalan Soekarno-Hatta (Cibiru-Gedebage) pada bagian tengah jalan.

Flamboyan (Delonix regia), Tinggi sekitar 10-30 meter. Tajuk melebar ke samping. Biasanya berukuran sangat besar. Daun majemuk, berukuran kecil. Bunga berwarna kuning.

Kersen (Muntingia calabura)

Kersen (Muntingia calabura), Daun berbulu seperti wol, bunga putih. Buah bulat berwarna hijau dan merah (masak), rasanya manis. Biasanya ditemukan di dekat pinggiran sungai atau air. Pohon yang tidak sengaja ditanam (liar).

Daun Kupu-kupu (Bauhinia purpurea), Ciri khas pada daun yang berbentuk seperti kupu-kupu. Bunga berwarna ungu. Buah seperti kacang panjang, dan tampak bergantungan hingga kering berwarna hitam.

Daun Kupu-Kupu (Bauhinia purpurea)

Asem Reges (Pithecelobium dulce), Pohon ini banyak ditemukan di bagian tengah jalan Supratman-Diponegoro. Permukaan batang beruas-ruas.

Kisabun (Filicium decipiens)

Kisabun (Felicium decifiens ), Pada saat hujan, batang akan mengeluarkan busa. Banyak ditemukan di sekitar jalan Riau dengan tinggi sekitar 5 meter.

Pohon buah, pohon Mangga, pohon Alpukat, pohon Jambu, pohon Nangka dan pohon buah lainnya. Biasanya ditanam di depan rumah-rumah.

Pohon di atas hanyalah sebagian jenis yang saya temui. Belum seluruh kota saya ubek-ubek. Mudah-mudahan anda sekarang jadi lebih tahu mengenai pepohonan pinggir jalan dan bisa ikut turut merawatnya sehingga tidak ada lagi berita kecelakaan akibat pohon rubuh. Amin…

A027

13 comments

  1. Ilham · Mei 20, 2009

    Maaf admin.sy ingin tanya,klo jalan yg banyak phn bungurnya jlan apa ya namanya.terima ksh

    • agungsmile · Mei 20, 2009

      klo dibandung.. setahu saya sih jalan Soekarno hatta. dari samsat ampe cileunyi. tapi tidak menutup kemungkinan di jalan lain juga ada. terutama jalan tol biasanya banyak pisan.
      terima kasih juga

  2. spedalistrik · Maret 14, 2010

    yang banyak bungur ya jalan bungur dekat karang setra

    • Ismail Agung · Maret 14, 2010

      hahahahaha… boleh deh… pernyataannya musti dibuktikan nih.

      thanks atas sharing infonya.

  3. ulu · Mei 18, 2010

    hihihih, ini juga boleh tak? eh agung bebas loh buat bilang keberatan kalau tulisannya dimuat di web Mahanagari. Mangkanya ku abdi ditaros heula😀

    • Ismail Agung · Mei 18, 2010

      Eh mangga neng Ulu. Saya mah dengan senang hati, karena informasinya bisa disebarluaskan. Bukan di peuyeum jadi haseum. Hehehehe…

  4. alexander · Februari 6, 2011

    mohon maaf, setahu saya antara kiara, beringin, sama loa berbeda. klo loa sekilas mirip beringin, tapi buah langsung tumbuh di pohon dan batang, tidak berbunga, langsung jadi buah. buahnya biasa oleh orang sunda digunakan sebagai lalap, besar buahnya, kira-kira sebesar buah pinang, tapi bulat.

  5. Ung · Februari 7, 2011

    Tepat sekali bung alexander, kiara beringin dan loa memang berbeda. maksudnya sama yaitu familinya, masih keluarga Moraceae. Famili moracea memang terlihat seperti tidak berbunga, langsung berbuah. tapi justru buah itu lah bunganya (bunga periuk). contoh famili moracea lainnya yang mudah dikenali adalah buah nangka dan sukun.

    Terima kasih atas masukkannya.

  6. khairunnisa · April 3, 2011

    emh,klo ki acret d bandung d daerah mana ya?

    • Ismail Agung · April 13, 2011

      Mungkin di sekitar jalan W.R Supratman masih bisa ditemukan beberapa.

  7. Mursalin sbi · Februari 26, 2012

    Walaupun umur saya sudah 49 tapi tidak ada salahnya kalau saya bekenalan dengan anak muda terutama yang tertarik dengan lingkungan hidup dan konservasi

    Kalau saya boleh berpendapat, gambar pohon yang paling atas dihalaman ini bukan pohon Angsana, tapi gambar buah dan daunnya memang benar jenis angsana
    Bagaimana mas ?

    Dari : Mursalin Asbi
    di Medan

    • Ismail Agung · Maret 3, 2012

      terima kasih atas infonya. betul sekali, gambar pohon di atas memang bukan pohon angsana. Saya pajang sebagai perumpamaan pohon, bukan maksud menjelaskan pohon angsana.

      Kalau saya pajang pohon angsana secara keseluruhan, tidak semua orang mudah mengenalinya secara arsitektur pohon. jadi saya wakili melalui bentuk daun dan biji.

      terima kasih atas koreksi dan masukannya.

  8. Kiki Tea · Juli 13, 2012

    klo pohon flamboyan yang bunganya warna kuning bisa ditemukan di bandung di daerah mana yach? Makasih kang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s